RAPAT KERJA KELITBANGAN BAPPEDALITBANG PROVINSI KALIMANTAN TENGAH TAHUN 2019

          Rapat Kerja (Raker) Kelitbangan BappedaLitbang Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2019 dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 5 Maret 2019 bertempat di aula Serbaguna BappedaLitbang Provinsi Kalimantan Tengah Jl. Pangeran Diponegoro No.6 di Palangkaraya.

Turut hadir Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri, S.Hut, M.P,  Kepala BappedaLitbang Kalimantan Tengah Ir. Yuren S. Bahat, M.M,M.T, Organisasi Perangkat Daerah Lingkup Kalimantan Tengah, Kepala BappedaLitbang Kabupaten/Kota se – Kalimantan Tengah, Instansi Vertikal serta para tamu undangan.

          Dalam sambutannya Sekda Kalimantan Tengah menyampaikan, Rapat Kerja KeLitbangan Tahun 2019 sangat penting dilaksanakan agar secara bersama-sama kedepan membicarakan isu-isu terkini dalam rangka membahas tentang berbagai program dan kegiatan serta masalah-masalah yang berkaitan dengan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan di Kalimantan Tengah. “ Saya berharap dalam Rapat Kerja Tahun 2019 kita dapat menyamakan persepsi dalam forum ini, khusus tentang perencanaan kedepan terhadap Penelitian dan Pengembangan Yang Berwawasan Ramah Lingkungan”.

          Dengan adanya Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pembangunan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang bertujuan memperkuat daya dukung IPTEK bagi keperluan percepatan pencapaian tujuan negara, serta meningkatkan daya saing kemandirian dalam memperjuangkan kepentingan negara dan pergaulan internasional, keberadaan BappedaLitbang Provinsi Kalimantan Tengah tentu patut untuk dioptimalkan perannya guna mendukung tujuan dimaksud.

          Sejak diterapkannya Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 maka Institusi sebelumnya yang berbentuk Badan Penelitian dan  Pengembangan Daerah (BALIDBANGDA) Provinsi Kalimantan Tengah digabung dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Provinsi Kalimantan Tengah, dan dengan sendirinya pula tugas pokok dan fungsi untuk melaksanakan pengkajian, penelitian dan pengembangan melekat pada bidang Penelitian dan Pengembangan sehingga seyogyanya para pemangku kepentingan dan seluruh stake holder yang terkait memberikan perhatian terhadap Kelitbangan serta diharapkan mampu menciptakan pengembangan inovasi  di berbagai bidang pembangunan daerah.

          Berdasarkan hal tersebut di atas, maka Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (BAPPEDALITBANG) Provinsi Kalimantan Tengah mengangkat Tema : “ PERENCANAAN PEMBAGUNAN STRATEGI DAERAH BERBASIS KELITBANGAN DAN IPTEK ”.

Maksud diselenggarakannya kegiatan Rapat Kerja Kelitbangan BappedaLitbang Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2019 adalah untuk Persiapan Konsolidasi dan Sinergitas Program Kelitbangan Daerah dan Dalam Rangka Untuk Mengangkat Isu-Isu Penting Terhadap Penyelenggaraan Tusi Perangkat    Kelitbangan Daerah.           Tujuan kegiatan Rapat Kerja (Raker) Kelitbangan BappedaLitbang Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2019, adalah untuk mewujudkan Lembaga Kelitbangan sebagai acuan dan arah Kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Kalimantan selanjutnya