Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Gunung Mas Tahun 2019-2024

Gunung Mas – Wakil Bupati Gunung Mas Ir. Efrensia L.P. Umbing.,M.Si membuka kegiatan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Gunung Mas Tahun 2019-2024, Senin (22/7/2019).

Permendagri Nomor 86 tahun 2017 Tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan pemangku kepentingan bersama Perangkat Daerah bertempat di Aula BP3D Kabupaten Gunung Mas Jalan Brgjen Katamso Kuala Kurun.

Tujuan konsultasi publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Gunung Mas Tahun 2019-2024 yaitu tonggak awal dalam merumuskan dan menerjemahkan Visi dan Misi Kepala Daerah kedalam tujuan, sasaran, strategi dan kebijakan serta program prioritas yang akan dilaksanakan dalam kurun waktu 5 tahun kedepan.

Dalam mewujudkan Visi tersebut, diperlukan suatu rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan dalam mewujudkannya. Setidaknya ada 8 misi pembangunan untuk memberikan kerangka bagi tujuan dan sasaran serta arah kebijakan yang ingin dicapai dan menentukan jalan yang akan ditempuh untuk mencapai visi.

” Ir. Efrensia L.P. Umbing.,M.Si saat membaca sambutan tertulis Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong,S.E.,M.Si bahwa, Visi dan Misi yang disampaikan, secara substansi ditetapkan motto pembangunan 5 (lima) tahun Kabupaten Gunung Mas yaitu “BERJUANG BERSAMA” ujarnya.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dimaksud, selanjutnya dijabarkan kedalam dokumen Rencana Strategis (Renstra) Perangkat Daerah berlaku 5 (lima) tahunan dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) berlaku satu tahun sebagai acuan untuk dilaksanakan secara konsisten, selaras dan sesuai dengan target yang ditetapkan.

Pelaksanaan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Gunung Mas Tahun 2019-2024 ini saya berharap akan disepakati berbagai target, program, kegiatan serta pembiayaan yang realistis dan terukur berdasarkan baseline data yang ada. Peningkatan kesejahteraan masyarakat serta peningkatan infrastruktur menjadi fokus utama kita, namun jika hanya dengan pemikiran yang normatif, mustahil hal tersebut dapat diwujudkan. Untuk itu, Saya berharap kita dapat berpikir cerdas, inovatif, kreatif serta “Think Out of The Box” ujarnya.